Kamis, 29 Oktober 2009

Pengaruh Telekomunikasi dalam Komunikasi

Pengertian komunikasi secara umum Setiap orang yang hidup dalam masyarakat, sejak bangun tidur sampai tidur lagi, secara kodrati senantiasa terlibat dalam komunikasi. Terjadinya komunikasi adalah sebagai konsekuensi hubungan sosial (social relations). Masyarakat paling sedikit terdiri dari duaorang yang saling berhubungan satu sama lain yang, karena berhubungan, menimbulkan interaksi sosial (social interaction). Terjadinya interaksi sosial disebabkan interkomunikasi (intercommunication).
Komunikasi sebuah kata yang cukup sederhana namun mempunyai makna yang amat penting, karena dengan komunikasi kita dapat mengutarakan hal-hal yang ingin kita utarakan, dapat memberi informasi, dapat bertransaksi, dapat menghilangkan kesalahpahaman, dapat menyampaikan salam dan hormat, namun kita sebagai manusia hanya dapat berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar kita atau orang-orang yang kita jumpai, namun di lain sisi kita juga ingin untuk dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang jauh dari kita meskipun harus mengeluarkan biaya.
Sebagai makhluk sosial kita memerlukan kehidupan sosial yang luas, kehidupan sosial yang luas tentunya tidak terbatas jarak dan waktu, untuk itu kita membutuhkan sarana dan alat untuk dapat berkomunikasi dengan kerabat dan handai taulan yang jauh, kita sangat bersyukur dizaman moderen seperti sekarang ini kita dapat melakukan komunikasi jarak jauh, sangat bersyukur dengan adanya perusahaan-perusahaan telekomunikasi yang maju. Istilah untuk alat dan sarana itu adalah telekomunikasi, sebuah kata yang berarti komunikasi dengan menggunakan teknologi,
dengan adanya telekomunikasi ini kita sangat bersyukur karena kita dapat terus menjalin komunikasi yang terus menerus dengan kerabat yang jauh dari kita, namun berkomunikasi dengan telekomunikasi ini membutuhkan biaya yang cukup menguras kantong, apalagi jika sipengguna rajin bertelekomunikasi untuk tetap menjalin keakraban dengan orang-orang yang jauh keberadaannya dapat menghabiskan banyak biaya, bayangkan jika sudah bercakap-cakap, berbagi cerita dengan seseorang mengunakan sarana telekomunikasi kita jadi lupa waktu, tak terasa sudah berapa banyak pulsa yang kita habiskan, namun di satu sisi kita akan terus berkomunikasi karena bagaimanapun kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan kehidupan komunikasi,sementara disatu sisi masih banyak kebutuhan lain yang juga harus dipenuhi sebagai seorang manusia, kebutuhan-kebutuhan sehari-hari yang kian mahal, apalagi mayoritas penduduk Indonesia adalah kaum menengah kebawah dengan pendapatan rata-rata mayoritas per-orang hanya Rp 1-2 juta saja per bulan.

Dengan mengacu kepada fakta ini, maka alangkah baiknya jika tarif telekomunikasi sebagai suatu wadah interaksi moderen makluk sosial dapat diturunkan karena dengan turunnya tarif telekomunikasi tentu masyarakat Indonesia dapat lebih diberdayakan, orang pada umumnya tidak kuatir lagi akan membengkaknya tarif pemakaian telekomunikasi mereka, sehingga dapat dengan mudah menjalin interaksi sosial dengan berbagi informasi, berbagi cerita, berbagi wawasan, bekerjasama dalam bisnis yang dengan sendirinya akan memajukan kehidupan ekonomi masyarakat Indonesia, karena dari rata-rata pendapatan mereka perbulan yang mayoritas minim dapat mereka gunakan untuk mencukupi biaya kehidupan lain yang juga tidak kalah pentingnya dalam membangun taraf hidup dan ekonomi masyarakat Indonesia yang moderen.
Di sini teknologi mengambil peranan yang sangat penting dalam komunikasi. Bahkan bisa dikatakan, komunikasi tidak akan bisa semudah saat sekarang ini jika tidak ada kemajuan teknologi yang cepat. Dan sesungguhnya media lahir dari teknologi. Ingat mesin cetak pertama yang dibuat oleh Johannes Guttenberg. Kemampuan teknologi pengganda itu menghasilkan banyak media cetak koran, majalah, tabloid hingga buku.
Teknologi telekomunikasi pun semakin berkembang, semakin cepat, tepat, akurat, kecil, murah, mudah, efektif dan efisien. Proses berkomunikasi pun memiliki ciri dan sifat yang seperti itu, khususnya efektif. Proses mengirimkan pesan dari Indonesia ke Kanada tidak usah menunggu hingga berminggu-minggu berkat e-mail. Informasi dan kegiatan berkomunikasi kualitas dan kuantitasnya dihitung dalam satuan digital 0 dan 1. Kecepatan dan ketepatan informasi sangat dimungkinkan oleh pemakaian media dengan teknologi yang tepat. Hingga perlu digarisbawahi di sini adalah berbicara komunikasi dan media maka kita juga akan membicarakan komunikasi. Media adalah teknologi dan teknologi adalah media.
ini teknologi komunikasi informasi digunakan juga dalam bidang kesehatan yang disebut dengan telemedicine. Bisnis sudah banyak menggunakan telekonferensi. Dalam bidang pendidikan, televisi dan TV kabel juga digunakan, juga di masa depan surat elektronik atau surat suara, konferensi para orangtua dan para guru mungkin akan lebih sering lagi.
Penerapan kemajuan teknologi dapat pula mengintensifkan selektivitas khalayak komunikasi massa. Sebaliknya, teknologi juga telah memungkinkan media massa untuk menjadi lebih selektif. Misalnya dalam bidang penerbitan, buku-buku sekarang dapat dicetak bila diperlukan, dengan beberapa bagian ditambahkan aatau dibuang, sesuai dengan permintaan pembaca.
Penerapan fiber optik diperkirakan dapat mereduksi kesenjangana penggunaan teknologi di masyarakat. Dari sana akan dapat ditingkatkan jumlah pemakaian alat-alat audio, video, dan data komputer. Lewat pendidikan interaktif melalui video dan jaringan komputer akan mungkin bagi jaringan fiber optik untuk meningkatkan tingkat pendidikan di pedesaan dan mengembangkan banyak kota kecil. Namun demikian dikhawatirkan jaringan serat optik yanga begitu mahal dapat menciptakan kaum elit TI yang tidak mengindahkan masyrakat dalam wilayah yang tidak terlayani teknologi itu. Tesis teknologi komunikasi dapat mempersatukan masyarakat, justru kembali perlu dipertanyakan.
Komunikasi adalah kebutuhan mendasar manusia. Dengan teknologi komunikasi yang baru telah banyak meningkatkan komunikasi antar budaya. Orang-orang dapat berkomunikasi, mengenal dan mengetahui berbagai macam budaya bangsa dengan mudah dan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar